Sukses di Media Sosial: Belajar Dari Starbucks

My Starbucks Idea

My Starbucks Idea – http://mystarbucksidea.force.com/ – adalah portal konsumen yang diciptakan Satrbuck untuk menampung semua usulan tentang bagaimana membuat pengalaman minum kopi semakin nikmat. Tentunya setiap orang memiliki usulan yang berbeda-beda. Tantangan bagi Starbucks adalah memilih usulan yang cocok dari sekian ratus usulan agar bisa diterima oleh sebagian konsumen mereka dan menarik calon konsumen baru dengan adanya ‘rasa kopi’ yang baru.

Lewat portal ini setiap orang yang terdaftar sebagai anggota dapat melihat usulan-usulan yang dilontarkan orang lain. Mereka pun diberi kesempatan nuntuk menilai setiap usulan yang masuk.

Starbucks Ideas In Actions

Starbucks Ideas In Actions adalah blog yang ditulis oleh karyawan Starbucks dari berbagi departemen yang menceritakan bagaimana reaksi mereka dalam menanggapi usulan-usulan yang mereka baca lewat My Starbucks Idea. Di blog ini pun konsumen bebas berkomentar sehingga tercipta dialog antara Starbucks dengan konsumen.

Twitter

Starbucks juga ada di Twitter karena banyak orang yang lebih suka berkomunikasi lewat Twitter dibanding lewat Portal atau Blog. Lewat Twitter Starbucks menjawab setiap pertanyaan, menanggapi setiap keluhan, berkomunikasi dengan konsumen dan menyampaikan perkembangan dan produk-produk terakhir Starbucks.  Per 13 April 2010 Starbucks sudah memiliki 834,000 pengikut. Saingan terdekatnya, Dunkin Donuts hanya memiliki 50,000 pengikut.

Youtube

Di Youtube Starbucks membuat saluran sendiri yang isinya berbagai video yang mereka produksi. Mulai dari video iklan, informasi bahkan kegiatan-kegiatan sosial mereka. Video ini bebas untuk dilihat dan diunduh oleh siapa saja.

Facebook

Facebook juga dirambah oleh Starbucks untuk menggapai konsumen dan calon konsumen yang lebih menyukai Facebook dibandingkan perangkat media sosial lainnya.