Nama Dagang/Usaha

Nama dagang/usaha adalah nama perusahaan yang berlaku secara hukum. Sedangkan Merek Dagang adalah nama yang mengidentifikasikan produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Ketika Anda memilih nama untuk usaha Anda, Anda juga harus memikirkan nama untuk merek produk Anda dan domain jika Anda akan membuat situs.

Ayam Goreng mbok Berek, Jamu Nyonya Meneer, Gudeg Bu Citro, Salon Martha Tilaar adalah contoh contoh merek dagang yang menggunakan nama orang yang berada dibalik kesuskesan usaha tersebut. Umumnya merek dagang yang menggunakan nama orang adalah jenis usaha yang berhubungan dengan makanan, kecantikan, dan fesyen. Sedangkan Aqua adalah merek dagang yang dipilih oleh almarhum Bapak Tirto Utomo untuk menjelaskan produk yang dia jual ke pasar yang dijual ke pasar dibawah bendera PT Aqua Golden Mississippi. Kini nama “aqua” sudah menjadi kata pengganti untuk air mineral itu sendiri. Sedangkan nama Indomie, Indocement, Indomobil, Indovision adalah merek-merek yang berada di bawah payung konglomerasi yang dimiliki oleh Liem Sioe Liong. Kata ‘indo’ yang ditempelkan di setiap perusahaan atau produk/jasa yang ditawarkannya menunjukkan identitas kelompok usaha Salim Group sebagai jaminan kualitas.

Dalam dunia usaha yang makin penuh dengan persaingan sangatlah penting untuk memilih nama usaha atau merek dagang yang mampu memberikan dampak yang posistif di kalangan konsumen, mudah diingat dan tampil beda dibandingkan produk/jasa pesaing lainnya. Pemilihan nama adalah sebuah keputusan yang sangat pribadi namun harus dipikirkan baik-baik karena Anda akan hidup degan pilihan tersebut dalam waktu yang cukup lama kecuali jika Anda menutup usaha tersebut.

Memilih Nama Dagang/Usaha, Merek Dagang dan Domain

Nama dagang atau usaha adalah bagian dari strategi pemasaran dan penjualan Anda. Nama yang baik adalah nama yang:

  1. memiliki kekuatan yang membedakan jenis usaha atau produk/jasa yang dihasilkannya dengan pesaing,
  2. mampu berbicara langsung tentang jenis usaha atau produk/jasa yang ditawarkan,
  3. mudah dibaca dan diingat, dan tidak terlalu panjang,
  4. original, artinya belum pernah dipakai oramg lain,
  5. jika Anda akan membuat situs untuk usaha Anda atau produk/jasa Anda maka Anda juga harus memastikan nama usaha atau merek Anda sama dengan nama domain Anda.
  6. Jika Anda memilih nama yang sama dengan nama yang sudah beredar di masyarakat, pastikanlah Anda tidak melanggar hak cipta. Pastika juga nama pilihan Anda tidak menyesatkan konsumen yang Anda tuju dan justru menguntungkan pesaing Anda.

Mendaftarkan Nama Dagang/Usaha, Merek dan Domain

Anda dapat menghubungi notaris untuk mendaftarkan Nama Dagang/Usaha Anda. Proses pendaftaran ini umumnya termasuk dalam proses pendaftaran perusahaan dan ijin usaha.

Kepemilikan dan penggunaan merek harus terjamin secara hukum agar dikemudian hari tidak timbul sengketa diantara para pihak. Daftarkan merek dagang / jasa Anda untuk menghindari sengketa dikemudian hari pada konsultan Merek dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Merek dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dapat didaftarkan meliputi nama merek, deain industri, logo, konsep merek, barcode dan lain lain. Baca selanjutnya . . .

Untuk membeli domain, di Indonesia, banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa pendaftaran domain dan penyedia web hosting untuk website. Pilihlah perusahaan yang besar dan sudah berdiri cukup lama agar Anda bisa melihat rekam jejaknya.