Importir

Importir adalah Perusahaan atau perorangan yang melakukan kegiatan impor.

Importir Umum adalah Badan Usaha Pemilik Angka Pengenal Importir Umum untuk mengimpor barang-barang bukan limbah yang tidak diatur tata niaga impornya;

Importir Produsen adalah Badan Usaha yang disetujui untuk mengimpor sendiri barang bukan limbah yang diperlukan semata – mata untuk proses industri;

Importir Produsen Limbah B3 adalah Badan Usaha yang diakui oleh Menteri Perindustrian dan Perdagangan dan disetujui untuk mengimpor sendiri Limbah B3 yang diperlukan semata – mata untuk proses produksi.

Importir Produsen Non Limbah B3 adalah Badan Usaha yang diakui oleh Direktorat Perdagangan Luar Negeri dan disetujui untuk mengimpor sendiri Limbah Non B3 yang diperlukan semata – mata untuk proses produksi.

Importir Terdaftar Pemilik Angka Pengenal Importir Umum
adalah Badan Usaha yang mendapat tugas khusus untuk mengimpor barang – barang tertentu yang diarahkan.

Angka Pengenal Impor (API)

Angka Pengenal Importir (API) merupakan tanda pengenal yang harus dimiliki oleh setiap importir atau perusahaan dagang/industri yang melakukan perdagangan impor. Baca selanjutnya . . .

Nomor Pengenal Importir Khusus (NPIK)

Menteri Perindustrian dan Perdagangan juga memutuskan untuk memberlakukan Nomor Pengenal Importir Khusus (NPIK) bagi kalangan importir dengan masa berlaku 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal diterbitkan. Baca selanjutnya . . .

Izin Impor Barang (Mesin atau Peralatan) Bekas

Barang modal bukan baru adalah barang modal yang masih layak dipakai atau untuk direkondisi guna difungsikan kembali dan bukan skrap. Baca selanjutnya . . .

Daftar Induk Barang Modal

Surat Persetujuan Daftar Induk Barang Modal dikeluarkan dan disetujui oleh BKPM guna memperoleh pembebasan atau keringanan bea masuk atas impor barang modal seperti mesin, peralatan yang digunakan untuk produksi. Baca selanjutnya . . .

Daftar Induk Bahan Baku/Penolong

Surat Persetujuan Daftar Induk Bahan Baku/Penolong dikeluarkan dan disetujui oleh BKPM guna memperoleh fasilitas pembebasan/keringanan bea masuk atas pengimporan bahan baku/ penolong (SP Pabean) yang digunakan untuk produksi. Baca selanjutnya . . .

Importir Terdaftar (IT) Produk Tertentu

Departemen Perdagangan sesuai Peraturan Menteri Perdagangan No.56/M-DAG/PER/12/2008 melakukan pengaturan terhadap tata cara pemasukan/impor 5 (lima) produk tertentu. Baca selanjutnya . . .

Sertifikat Registrasi Pabean (SRP) dan Nomor Identitas Kepabeanan (NIK)

Produk yang dikeluarkan dari Registrasi Importir adalah SPR (Surat Pemberitahuan Registrasi) yang didalamnya terdapat NIK (Nomor Identitas Kepabeanan). Baca selanjutnya . . .