Kemampuan Teknis

Kualifikasi

Beberapa jenis usaha membutuhkan kualifikasi tertentu bagi pelakunya seperti praktek dokter gigi atau kursus musik. Namun walaupun secara hukuk tidak diatur jika pemilik usaha memiliki kualifikasi pendidikan/pelatihan dan pengalaman yang berhubungan dengan jenis usaha yang akan dilakukan maka pasar atau masyarakat akan lebih percaya dan usaha Anda akan menjadi lebih kompetitif dibandingkan saingan Anda.

Kemampuan Manajerial

Jika Anda tidak memiliki kemampuan manajerial secara alamiah, teknik-teknik manajemen usaha/bisnis bisa dipelajari. Beberapa kecakapan manajemen yang dianggap cukup penting dalam pengelolaan bisnis diantaranya adalah:

  1. teknik negosiasi, menjual dan memasarkan
  2. pengelolaan keuangan
  3. teknik komunikasi
  4. teknik pengambilan keputusan

Pengalaman

Pengalaman berbisnis memang perlu namun tidak mutlak. Yang penting adalah seberapa besar pengetahuan Anda tentang industri usaha yang akan Anda tekuni, jaringan sosial yang Anda kenal, serta seberapa baguskah produk atau jasa Anda untuk bisa bersaing di pasar.

Pelatihan/Pendidikan

Jangan segan-segan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang ada untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan Anda di dunia usaha.

Untuk melihat jenis-jenis pelatihan yang ada, klik disini.

One Comment

  1. Pingback: Milana Travis

Comments are closed.