Kemampuan Manajemen

Menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan apalagi perusahaan besar secara otomatis menempatkan Anda pada suatu sistem manajemen yang sudah berjalan mapan. Kebutuhan Anda secara profesional didukung oleh keberadaan departemen lain seperti pemasaran, akunting, keuangan, sumber daya manusia hingga ke informasi dan teknologi.

Jika Anda menjalankan usaha sendiri maka unit-unit di atas dan sistem manajemen secara keseluruhan menjadi tanggung jawab Anda. Ingatlah, walaupun Anda harus mengerti semua aspek yang terlibat di dalam usaha Anda bukan berarti Anda harus mengerjakan semuanya. Dengan perencanaan bisnis yang baik Anda dapat mengelola setiap departemen di dalam unit usaha Anda dengan menempatkan orang-orang yang Anda percaya. Beberapa kegiatan yang sifatnya tidak rutin seperti desain grafis, pembukuan atau pengiriman barang dapat Anda serahkan pada usaha jasa profesional.

Sebagai pedoman, hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam hal pengelolaan bisnis diantaranya adalah sebagai berikut:

Hukum, Ijin dan Pajak

Bisnis yang tidak memiliki ijin usaha resmi akan mengalami hambatan dalam pengajuan pinjaman ke Bank. Seorang pelaku bisnis sebaiknya mengetahui aturan-aturan yang berlaku di dalam industri yang hendak dimasukinya, peraturan perijinan, perpajakan dan perbankan.

Keuangan

Tujuan utama berbisnis adalah menghasilkan keuntungan. Untuk itu seorang pelaku usaha harus mengerti bagaimana membaca berbagai laporan keuangan dan bagaimana mengelola keuangan yang baik.

Sumber Daya Manusia

Sebelum memulai usaha, Anda sudah berurusan dengan penataan sumber daya manusia. Manajemen sumber daya manusia meliputi rekrutmen, kesejahteraan karyawan hingga pemanfaatan kemampuan setiap karyawan agar dapat dicapai hasil yang maksimal untuk usaha Anda.

Komunikasi dan Negosiasi

Kemampuan berkomunikasi dan negosiasi sangatlah penting di dalam dunia usaha karena Anda akan berurusan dengan banyak orang setiap hari mulai dari pemasok, karyawan, relasi bisnis hingga konsumen.