Hobi Menjadi Hoki

‘Hoki’ dalam bahasa Tionghoa artinya keberuntungan atau keberhasilan. Banyak orang merubah hobi yang ditekuninya menjadi hoki atau suatu unit usaha yang berhasil. Namun tidak semua orang mampu atau tahu caranya.¬†Jawablah 5 pertanyaan di bawah ini untuk mengetahui apakah Anda mampu atau tidak untuk merubah hobi menjadi hoki:

1. Apakah Anda mampu bertanggung jawab atas pilihan bisnis Anda?

Bertanggung jawab pada pilihan jenis usaha Anda artinya Anda tidak mudah putus asa atau mudah tergiur dengan jenis usaha lain sebelum usaha yang Anda tangani berjalan baik.

2. Apakah Anda seorang yang selalu optimis?

Tidak semua orang yang optimis mampu berbisnis namun hampir semua pengusaha yang sukses adalah orang-orang yang optimis. Tanpa sikap optimis seorang pelaku bisnis akan sulit melihat kesempatan dan peluang ditengah tantangan atau hambatan. Tanpa sikap optimis akan sulit bagi seorang pimpinan untuk memotivasi karyawan dan berusaha agar bisnis tetap jalan.

3. Apakah Anda senang mengambil keputusan?

Tidak banyak orang yang berani mengambil keputusan. Mengambil keputusan adalah suatu tanggung jawab besar karena suatu keputusan yang salah dapat menyebabkan kegagalan atau timbulnya masalah yang lebih besar lagi. Dalam dunia usaha seorang pimpinan harus mampu mengambil keputusan tentang lokasi usaha, penetapan sasaran pasar, harga, sumber daya manusia dan lain-lain. Mampukah Anda?

4. Apakah Anda memiliki modal untuk memulainya?

Modal usaha bisa berasal dari tabungan sendiri, bantuan keluarga atau bahkan pinjaman dari Bank. Seandainya usaha Anda tidak berjalan sesuai rencana selayaknya Anda harus memiliki cadangan modal atau tabungan yang cukup sehingga kehidupan keluarga Anda tidak terganggu.

5. Apakah Anda suka menjual?

Menjadi pengusaha artinya Anda harus menjual setiap saat. Apakah itu produk, jasa, ide atau konsep. Jika Anda menyukainya maka Anda cocok menjadi pengusaha. Jika Anda menjawab ‘ya’ pada semua pertanyaan di atas berarti Anda telah siap mental untuk menjadi seorang pengusaha. Tiba saatnya untuk melangkah ke tahap persiapan berikutnya. Bisa jadi Anda juga memerlukan partner usaha untuk membantu Anda merelisasikan rencana Anda.

Jika Anda menjawab ‘ya’ pada semua pertanyaan di atas berarti Anda memiliki potensi untuk merubah hobi Anda menjadi hoki.