Baguskah Ide Anda

Kelayakan Sebuah Ide

Seberapa baguskah ide Anda untuk dapat dijadikan suatu unit usaha yang berhasil? Menjawab pertanyaan ini gampang-gampang susah. Kesuksesan Jamu Cap Nyonya Meneer didorong oleh kebutuhan Nyonya Meneer untuk menghidupi keluarga setelah ditinggal wafat oleh suaminya. Nyonya Meneer harus selalu memperbaiki ramuan-ramuan jamunya untuk memenuhi kebutuhan langganannya. Keberhasilan Bob Sadino terletak pada kemampuannya memberikan layanan yang memuaskan kepada pelanggan terutama pelanggan orang asing di Jakarta.

Di tahun 1973, ide menjual air minum dalam kemasan masih sangat ‘asing’. Apalagi harga 1 liter Aqua lebih mahal daripada harga 1 liter minyak tanah. Kesuksesan mulai diraih ketika Aqua mengganti kemasannya dari botol gelas ke plastik, dari plastik PVC yang tidak ramah lingkungan ke bahan PET, harganya menjadi lebih murah dan sistem distribusinya yang merata ke seluruh penjuru Indonesia membuat produknya mudah dijangkau masyarakat. Sumber airnya dari air sumur bor yang berganti ke air dari mata air pegunungan menjadi daya tarik tersendiri.

Tidak ada satu unsur pun yang dapat menjamin ide Anda bakal sukses. Namun sebuah studi kelayakan di tahap awal dapat memberikan gambaran apakah ide Anda dapat menjadi unit usaha yang menguntungkan atau tidak. Alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman atau konsultan keuangan.

Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam suatu studi kelayakan adalah ide usaha itu sendiri, apakah produk dan jasa yang ditawarkan merupakan sesuatu yang dibutuhkan pasar dan apakah akan menguntungkan secara komersil.

Ingatlah! Apa yang layak buat orang lain belum tentu layak buat Anda. Hal ini sangat tergantung pada komitmen Anda, keberanian Anda bermain dengan resiko serta seberapa keuntungan yang Anda inginkan di tahap awal. Ada yang langsung ingin untung besar dan ada juga yang tidak keberatan merugi sedikit di tahap awal selama dia mampu membangun kepercayaan konsumen misalnya. Keputusan ini ada di tangan Anda.

Menganalisa Ide Anda

Analisa Pasar

Jika Anda yakin bahwa ide produk atau jasa Anda dibutuhkan oleh pasar maka Anda harus melakukan:

Analisa Permintaan

Siapa yang membutuhkan produk atau jasa Anda, seberapa besar dan apakah permintaan tersebut akan berkembang terus ataukah akan mati karena perubahan teknologi atau perubahan tren?

Analisa Penawaran

Setiap jenis usaha memiliki siklus naik dan turun. Saat yang tepat untuk masuk ke dalam suatu industri adalah ketika industri itu sedang berada dalam kondisi puncak. Misalnya, bisnis warnet kini bukan lagi bisnis yang diincar orang karena orang lebih suka membawa lap top sendiri dan nongkrong di Cafe yang memiliki fasilitas wireless. Sangatlah penting untuk menentukan kapan saat yang tepat untuk masuk ke dalam suatu industri.

Analisa Hubungan

Apakah Anda cukup mengenal orang-orang yang bergerak dalam industri yang sama? bagaimana hubungan antara pemasok dan penyedia jasa/produk yang berlaku saat ini?

Analisa Persaingan

  1. Berapa banyak orang-orang yang menawarkan produk/jasa sejenis di pasar?
  2. Apa yang membuat produk/jasa Anda berbeda dari yang lain dan lebih diminati?
  3. Banyakkah orang yang tertarik untuk terjun ke bidang yang sama?
  4. Faktor-faktor apa yang membuat calon-calon saingan Anda berhasil di pasar?

Analisa Keuangan

  1. Buatlah perkiraan proyeksi penjualan
  2. Hitunglah dengan cermat kebutuhan modal kerja awal
  3. Buatlah perkiraan keuntungan yang Anda inginkan namun realistis
  4. Perkirakan kemampuan keuangan Anda untuk menjamin kesinambungan usaha tersebut.

Bagaimana kalau Anda tidak memiliki ide? Tidak usah bingung karena Anda bisa membeli usaha orang lain yang sudah berjalan atau membeli waralaba atau klik halaman Ide Usaha.