Teknologi Informasi dan Komunikasi

Masih banyak pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah) yang belum memahami pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi atau ICT (Information and Communications Technology), bingung dengan berbagai istilah-istilah teknologi dan cenderung beranggapan bahwa teknologi hanya cocok untuk perusahaan besar.

Memang betul bahwa menerapkan teknologi di dalam perusahaan memerlukan biaya yang tidak sedikit dan belum tentu memberikan manfaat yang kita inginkan jika kita tidak mengerti apa dan untuk apa jenis teknologi yang kita perlukan. Jika kita mengerti jenis teknologi yang kita perlukan maka teknologi dapat menjadi sarana percepatan usaha Anda dan membuka banyak peluang.

Setiap perusahaan memerlukan jenis teknologi yang berbeda. Sebelum Anda memutuskan untuk menerapkan teknologi yang canggih di perusahaan Anda, mulailah dengan menerapkan teknologi yang paling mendasar yang dapat membuat proses operasional Anda lebih efisien dan efektif secara bertahap:

Tahap Komunikasi

Memiliki jaringan telepon sudah menjadi suatu keharusan bagi suatu unit usaha, baik itu telepon biasa maupun telepon seluler agar konsumen mudah menghubungi Anda dan sebaliknya Anda mudah menghubungi konsumen, pemasok dan distributor. Dengan telepon biasa Anda juga bisa melengkapinya sekaligus dengan faksimili untuk menerima dan mengirim dokumen-dokumen penting tanpa harus mengirimnya lewat pos.

Tahap Teknologi Informasi

Komputer dengan perangkat lunak sederhana akan memudahkan tugas tugas kantor seperti menulis surat, mencetak surat, menyiapkan proposal, menyimpan data perusahaan seperti data penjualan, akunting dan keuangan, mengelola data karyawan dan lain-lain.

Tahap Komunikasi Lanjutan

Jika Anda sudah memiliki jaringan telepon di kantor Anda maka Anda dapat dengan mudah meningkat ke penerapan jaringan internet. Dengan internet Anda dapat mengirim dan menerima email(surat elektronik), mencari informasi melalui jaringan dunia maya, menghubungi narahubung di seluruh dunia dengan murah dengan menggunakan Skype, Yahoo atau VOIP (Voice over Internet Protocol), mengirim dan menerima dokumen dalam bentuk teks, gambar atau video dan lain-lain.

Tahap Teknologi Informasi Lanjutan

Dengan makin besarnya skala operasi usaha Anda, akan tiba saatnya Anda membutuhkan teknologi informasi yang mampu memproses data (database), perencanaan sumber daya perusahaan, pengelolaan persediaan barang, mengelola data penjualan dan konsumen, dan lain-lain.