Sumber Daya Manusia

Banyak Usaha Kecil Menengah (UKM) yang beroperasi tanpa karyawan. Semua aspek dikerjaan sendiri oleh pemiliknya, kadang dibantu teman dan keluarga. Ketika tiba saatnya harus merekrut karyawan hal ini dianggap sebagai suatu lompatan besar karena kerjaan pemilik UKM kini bertambah. Dia mulai harus memikirkan gaji karyawan, asuransi kesehatan, pajak penghasilan karyawan dan lain-lain.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Manajemen Sumber Daya Manusia tidaklah sederhana. Secara administratif meliputi:

  1. Penyusunan struktur organisasi, seleksi dan rekrutmen, PHK.
  2. Pelatihan dan pengembangan tenaga kerja .
  3. Peraturan kebijakan dan prosedur: asuransi kesehatan, standar keselamatan, jam kerja, serikat buruh.
  4. Pencatatan data karyawan.
  5. Administrasi upah dan gaji: deskripsi jabatan, struktur gaji, pajak penghasilan, fasilitas perusahaan untuk karyawan.

Perusahaan yang mempekerjakan lebih dari 25 orang karyawan wajib memiliki Peraturan Perusahaan yang disahkan oleh Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Jenis Tenaga Kerja

1. Tenaga Kerja Terdidik / Tenaga Ahli / Tenaga Mahir

Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang mendapatkan suatu keahlian atau kemahiran pada suatu bidang karena sekolah atau pendidikan formal dan non formal. Contohnya sarjana ekonomi, insinyur, sarjana muda, doktor, master, dan lain sebagainya.

2. Tenaga Kerja Terlatih

Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu yang didapat melalui pengalaman kerja. Keahlian terlatih ini tidak memerlukan pendidikan karena yang dibutuhkan adalah latihan dan melakukannya berulang-ulang sampai bisa dan menguasai pekerjaan tersebut. Contohnya adalah supir, pelayan toko, tukang masak, montir, pelukis, dan lain-lain.

3. Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terlatih

Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah tenaga kerja kasar yang hanya mengandalkan tenaga saja. Contoh tenaga kerja model ini seperti kuli, buruh angkut, buruh pabrik, pembantu, tukang becak, dan lain-lain.

One Comment

  1. Pingback: Milana Travis

Comments are closed.