Penyimpanan dan Pengiriman

Metode pengiriman produk/jasa perusahaan Anda tidak saja penuh dengan tantangan tapi sekaligus memberikan peluang. Proses pengiriman adalah bagian yang juga menentukan keberhasilan atau kegagalan usaha Anda. Faktor-faktor di bawah ini perlu Anda pikirkan jika Anda ingin bisnis Anda senantiasa bergerak ke arah positif:

  1. Kesempatan beriklan. Kantong belanja, mobil pengirim, dan karton/dus yang memuat produk-produk Anda adalah sarana beriklan yang tidak dapat Anda abaikan. Desain dan kepala berita yang memikat di Kantong belanja, mobil pengirim, dan karton/dus umumnya mudah diingat oleh konsumen. Apalagi tas belanja plastik yang umumnya sering digunakan ulang oleh konsumen.
  2. Bahan yang digunakan sebagai sarana penyimpanan dan pengiriman. Bayangkan jika Anda menyediakan kantong belanja dari plastik yang tipis dan mudah robek maka produk Anda akan jatuh berantakan di tangan konsumen. Atau mobil pengiriman yang tidak memiliki sistem pendinginan yang memadai untuk mengirim buah-buahan atau kue-kue. Atau bahan pembungkus yang tidak prima sehingga produk Anda mudah rusak atau busuk.
  3. Produk yang tersimpan dan terdata baik. Sistem pergudangan yang efektif dan efisien akan memudahkan Anda atau karyawan Anda menerima pesanan kapan saja karena Anda tahu berapa jumlah yang tersedia dan tersimpan dimana.
  4. Kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman. Armada pengiriman Anda harus mampu memenuhi kebutuhan akan waktu pengiriman yag dibutuhkan oleh konsumen atau distributir produk Anda. Keterlambatan pengiriman dapat berakibat fatal pada citra perusahaan Anda dan mendorong konsumen Anda untuk beralih ke produk saingan. Jika Anda tidak memiliki armada pengiriman sendiri tidak ada salahnya menyerahkan tugas ini ke perusahaan jasa pengiriman yang profesional.