Memahami Laporan Keuangan

Sebagai pemilik UKM Anda harus mampu memahami dan menganalisa sebuah laporan keuangan tanpa harus selamanya bergantung pada akuntan Anda. Tidak perlu berkecil hati jika Anda tidak pernah belajar akunting atau ekonomi. Ikutlah kursus-kursus pendek mengenai akunting dan manajemen keuangan yang banyak diselenggarakan di sekitar Anda. Anda tidak perlu menjadi seorang akuntan untuk bisa memahami sebuah laporan keuangan.

Laporan keuangan yang utama yang harus Anda pahami adalah: Laporan Rugi Laba dan Neraca.

Bagaimana menganalisa Laporan Laba/Rugi?

Laporan Laba/Rugi atau Profit and Loss Statement adalah laporan keuangan yang ¬†mengukur keuntungan dan atau kerugian yang diciptakan perusahaan pada periode tertentu. Umumnya dibuat berkala setiap bulan, kuartal dan tahun. Melalui Laporan Rugi Laba Anda bisa: Baca selanjutnya ….

Bagaimana menganalisa Neraca?

Neraca adalah cermin kondisi keuangan perusahaan dan berfungsi sebagai sarana untuk mengukur likuiditas suatu usaha. Neraca dapat membantu pemilik UKM untuk dapat mengidentifikasikan keuatan dan kemampuan perusahaan. Neraca adalah laporan keuangan yang diperlukan oleh pemegang saham, perbankan dan penanam modal.¬†Baca selanjutnya ….