Keuangan

Walaupun membosankan dan cukup memusingkan, pembukuan, sistem akuntansi, manajemen rekod, pajak, penagihan, asuransi, penyusunan anggaran adalah hal-hak utama yang harus Anda lakukan jika Anda ingin usaha Anda berjalan lancar. Anda adalah bos Anda sendiri artinya Anda harus menjaga uang Anda sendiri. Serahkanlah tugas ini pada ahlinya jika Anda tidak mampu menanganinya.

Manajemen Rekod

Informasi keuangan yang akurat dan teratur akan memudahkan Anda mendeteksi keberhasilan atau kegagalan usaha Anda atas keputusan yang diambil sebelumnya dan proses pengambilan keputusan berikutnya. Baca selanjutnya . . .

Memahami Laporan Keuangan

Sebagai pemilik UKM Anda harus mampu memahami dan menganalisa sebuah laporan keuangan tanpa harus selamanya bergantung pada akuntan Anda. Baca selanjutnya . . .

Manajemen Piutang

Fasilitas kredit kadang bisa menjadi satu daya tarik yang ampuh untuk menarik konsumen namun jika Anda tidak melindunginya dengan sistem yang baik maka Anda akan rugi besar. Baca selanjutnya . . .

Mencari Sumber Dana

Adakalanya Anda dihadapkan pada situasi dimana Anda merasa yakin ide usaha Anda akan berhasil berdasarkan studi kelayakan, proyeksi keuangan, perencanaan bisnis dan sumber daya manusia yang sudah Anda siapkan, namun Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk menjalankannya. Jangan berputus asa karena Anda bisa mendapatkan bantuan dari berbagai sumber. Baca selanjutnya . . .