Apa perlunya meneliti?

Perusahaan-perusahan besar yang sukses senantiasa melakukan penelitian pasar secara berkala agar tidak ketinggalan jaman dan selalu mampu bersaing dengan produk-produk baru. Apakah Anda baru akan memulai suatu usaha atau hendak mengembangkan usaha, penelitian pasar cukup penting agar Anda mampu mengerti keinginan konsumen dan meningkatkan penjualan.

Ada berbagai alasan yang membuat pemilik suatu usaha harus melakukan penelitian pasar:

  1. Mengenali calon konsumen: Siapa, usia, jenis kelamin, status, pekerjaan, tingkat pendapatan, gaya hidup, tingkat pendidikan, lokasi dan lain-lain.
  2. Mengerti konsumen Anda: Mengapa mereka lebih memilih produk/jasa Anda, bagaimana citra produk/jasa Anda di mata konsumen, bagaimana gaya hidup mereka, bagaimana proses mereka mengambil keputusan untuk membeli produk/jasa Anda, dan lain lain.
  3. Menentukan target yang realistis: Berdasarkan informasi yang ada Anda dapat menentukan target yang realistis baik untuk pertumbuhan penjualan maupun peluncuran produk baru.
  4. Mengembangkan strategi yang efektif: Harga jual, sistem distribusi, pemilihan media periklanan dan promosi, dan lain lain.
  5. Mengenali dan menyelesaikan masalah, menyiapkan diri untuk memperluas usaha, dan mendeteksi kesempatan usaha

Tahap berikutnya: