Meneliti Pasar

Anda harus meneliti pasar sebelum mengembangkan strategi pasar. Sangatlah penting untuk mengetahui selera pasar, tren pasar, pola konsumsi pasar, dimana dan bagaimana konsumen mendapatkan produk/jasa yang dibutuhkan serta kondisi industri secara keseluruhan.

Jika Anda memilik informasi semua itu maka akan lebih mudah buat Anda untuk membuat keputusan apapun yang berkaitan dengan usaha Anda, seperti jenis produk/jasa yang akan ditawarkan, lokasi usaha, strategi pemasaran, konsep penjualan, dll.

Apa perlunya meneliti?

Perusahaan-perusahan besar yang sukses senantiasa melakukan penelitian pasar secara berkala agar tidak ketinggalan jaman dan selalu mampu bersaing dengan produk-produk baru. Apakah Anda baru akan memulai suatu usaha atau hendak mengembangkan usaha, penelitian pasar cukup penting agar Anda mampu mengerti keinginan konsumen dan meningkatkan penjualan. Baca selanjutnya ..

Tujuan penelitian

Sesuaikan lingkup penelitian Anda dengan tujuan Anda dan jenis keputusan yang Anda perlukan. Tanyakan diri Anda. Baca selanjutnya ..

Informasi apa yang sudah ada?

Sebelum Anda memulai suatu penelitian, periksalah dulu apakah informasi yang Anda perlukan sudah tersedia atau apakah penelitian sejenis pernah dilakukan oleh orang lain. Tidak ada gunanya melakukan penelitian yang sama karena akan membuang waktu, tenaga dan dana Anda. Baca selanjutnya ..

Lakukan penelitian Anda dengan survei

Anada bisa melakukan observasi dengan mengunjungi pasar untuk melihat produk/jasa saingan Anda atau mengunjungi perusahaan saingan Anda untuk melihat sistem operasional dan produksi mereka. Situs perusahaan sedikit banyak dapat membantu Anda memberikan gambaran mengenai perusahaan tersebut serta produk dan jasa yang ditawarkan. Baca selanjutnya ..

Analisa dan Tindakan

Analisalah hasil penelitian Anda dengan obyektif dan pastikan informasi yang Anda butuhkan di awal penelitian terjawab. Jenis pertanyaan dalam penelitian Anda sangat menentukan hasil yang akan Anda dapat. Baca selanjutnya ..