Pemasaran

Inti sari pemasaran sesungguhnya adalah memahami kebutuhan konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut. Pertumbuhan perusahaan sangat tergantung pada kemampuan Anda menambah jumlah konsumen atau mengembangkan pangsa pasar.

Bagaimana kita menggunakan pemasaran untuk menarik lebih banyak konsumen?

Produk

Jangan berhenti mengembangkan produk Anda karena kebutuhan konsumen senantiasa berubah. Pekalah pada setiap perubahan permintaan, keluhan dan usulan konsumen.

Lokasi

Pastikan produk/jasa Anda mudah dijangkau oleh konsumen. Jika konsumen Anda harus menunggu di lokasi tempat produk/jasa Anda dijual, usahakan waktu-waktu menunggu menjadi saat yang tidak membosankan. Misalnya dengan menyediakan televisi, teh/kopi gratis, majalah dan lain-lain.

Harga

Pilihlah dengan seksama strategi harga yang akan diterapkan misalnya potongan harga khusus, sistem pembayaran yang fleksibel, beli satu gratis satu dan lain-lain. Jika Anda harus menjual dengan harga yang lebih mahal dari saingan, pastikan produk/jasa Anda jauh lebih baik.

Promosi

Sebagai pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah) umumnya Anda dihadapkan pada anggaran yang terbatas untuk kegiatan pemasaran dan promosi. Tidak ada gunanya bersaing dengan perusahaan besar dalam hal kegiatan promosi karena anggaran pemasaran mereka jelas jauh lebih besar.

Sarana pemasaran tradisional kadang terlalu mahal untuk UKM (Usaha Kecil Menengah). Mengapa tidak memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan lain lain yang kini juga banyak digunakan oleh perusahaan raksasa seperti Starbucks, Nestle, Adidas dan lain lain untuk menjangkau konsumen?

Dengan anggaran yang terbatas Anda bisa memanfaatkan media sosial sepenuhnya yang hampir tanpa biaya atau mengkombinasikannya dengan media tradisional seperti koran, majalah, radio, brosur dan lain-lain. Dalam menyusun strategi pemasaran Anda harus mengerti kebutuhan konsumen Anda dan karakter media yang hendak digunakan untuk memasarkan produk Anda.

Layanan Konsumen

Peranan karyawan yang berhubungan langsung dengan konsumen adalah ujung tombak citra perusahaan dan produk/jasa Anda. Pastikan mereka memiliki pengetahuan yang cukup, kemampuan berkomunikasi yang baik serta sikap yang profesional ketika melayani konsumen.