Membeli Waralaba

Memilih waralaba sebagai cara kita memulai bisnis sering dianggap lebih mudah daripada memulai usaha yang sama sekali  baru. Tapi benarkah waralaba mampu membuat kita menjadi pebisnis handal? Waralaba seperti apakah yang akan membawa kita pada kesuksesan ?

Waralaba dapat dibagi menjadi dua:

  1. Waralaba luar negeri, cenderung lebih disukai karena sistemnya lebih jelas, merek sudah diterima diberbagai dunia, dan dirasakan lebih bergengsi.
  2. Waralaba dalam negeri, juga menjadi salah satu pilihan investasi untuk orang-orang yang ingin cepat menjadi pengusaha tanpa harus mempersiapkan semuanya dari awal

Di Indonesia waralaba yang berkembang pesat dan masih sangat menguntungkan adalah waralaba di bidang makanan (Wong Solo, Sapo Oriental, CFC, Hip Hop, Red Crispy, Papa Ron dll.); berbentuk retail mini outlet (IndoMaret, Yomart, AlfaMart); di bidang Telematika atau Information & Communication Technology (pendidikan komputer, warnet, distribusi tinta printer); di bidang pendidikan (Science Buddies, ITutorNet, Primagama), terutama taman bermain (SuperKids) dan taman kanak-kanak(FastractKids, Kids2success, Townfor Kids), Pendidikan Bahasa Inggris (EF/English First, ILP, Direct English). Merek merek nasional ini bersaing cukup ketat dengan merek merek global dan regional seperti McDonald, KFC, Starbucks dll.