Membeli Usaha

Membeli usaha yang sudah berjalan kadang lebih menguntungkan dibandingkan jika Anda memulai sesuatu yang baru dari awal. Apalagi jika usaha yang Anda beli sudah memiliki pelanggan tetap, produknya dominan di pasar, dan berjalan dengan baik dan menguntungkan.

Namun demikian belum tentu semua unit usaha yang dijual berjalan dengan baik. Ada yang dikelola dengan buruk, ada yang merugi, ada yang salah lokasi dan lain-lain. Hal ini bisa menjadi resiko tapi bisa juga menjadi peluang yang baik untuk membuatnya lebih baik.

Membeli usaha yang sudah berjalan artinya Anda membeli prospek usaha tersebut bukan sejarahnya. Artinya keputusan Anda selalu berkaitan erat dengan resiko dan ketidakpastian. Dengan persiapan dan perencanaan yang matang, tingkat resiko dan ketidakpastian bisa ditekan serendah mungkin.

Pertimbangkanlah segala keuntungan dan kerugiannya sebelum ada memutuskan untuk membeli suatu usaha yang sudah berjalan.

Kelebihan:

  1. Tidak perlu melalui proses persiapan.
  2. Rekam jejak keuangan dan pemasaran yang jelas dapat menjadi faktor yang memudahkan jika Anda perlu mengajukan pinjaman dari Bank.
  3. Sasaran pasar yang sudah jelas dan kegiatan pemasaran sudah berjalan sehingga Anda tinggal mengevaluasinya.
  4. Hal-hal yang menjadi hambatan sudah terdeteksi sehingga tugas Anda tinggal memikirkan bagaimana membenahinya.

Kekurangan:

  1. Kemungkinan diwariskannya budaya perusahaan yang buruk.
  2. Kemungkinan diperlukannya modal tambahan jika unit usaha yang ada tidak dimanfaatkan secara maksimal.
  3. Perlunya menggunakan jasa akuntan, konsultan dan notaris guna mengevaluasi kondisi perusahaan yang sebenarnya untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diduga dari segi hukum dan keuangan di kemudian hari.