Memulai Usaha

Memulai suatu usaha sebagai seorang pengusaha atau wiraswasta adalah hal yang sangat menarik dan cukup menantang. Jika Anda sudah bulat memutuskan jenis usaha yang akan Anda geluti maka tiba saatnya bagi Anda untuk mempersiapkannya tahap demi tahap.

Usaha yang berhasil berawal dari perencanaan yang baik. Jadi sebelum Anda menginvestasikan waktu dan uang Anda, pastikan setiap rencana dan sistem operasional yang dibutuhkan sudah siap. Dengan kata lain pastikan dulu berapa kedalaman kolam yang akan Anda arungi sebelum Anda terjun ke dalamnya!

Hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah:

Rencana Usaha

Rencana Usaha atau Business Plan adalah dokumen yang menjelaskan secara rinci usaha yang akan Anda jalankan: tujuan, strategi, sasaran pasar, proyeksi keuangan. Baca selanjutnya . . .

Rencana Pemasaran

Perencanaan pemasaran atau ‘marketing plan’ adalah salah satu dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh pemilik atau pengelola usaha, yang merinci kegiatan-kegiatan pemsaran dan promosi yang diperlukan untuk mencapai tujuan pemasaran secara khusus dan tujuan perusahaan secara umum. Baca selanjutnya . . .

Asuransi

sebagai pemilik usaha, peranan asuransi cukup penting untuk melindungi usaha Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tuntutan hukum, pencurian, bencana alam, kecelakaan pegawai dan lain-lain. Baca selanjutnya . . .

Kekayaan Intelektual

Kekayaan Intelektual atau intellectual property adalah pengakuan hukum yang memberikan pemegang hak (atas) kekayaan intelektual (H[A]KI) untuk mengatur penggunaan gagasan-gagasan dan ekspresi yang diciptakannya untuk jangka waktu tertentu. Baca selanjutnya . . .

Tempat Usaha & Lokasi

Keputusan untuk menyewa tempat untuk kantor atau kegiatan usaha tidak mudah sama rumitnya dengan membeli. Karena keputusan yang salah dapat menimbulkan kerugian moril dan materil di kemudian hari. Sebaliknya keputusan yang tepat dapat menghantar usaha Anda menuju sukses. Baca selanjutnya . . .

Membeli Usaha

Membeli usaha yang sudah berjalan kadang lebih menguntungkan dibandingkan jika Anda memulai sesuatu yang baru dari awal. Apalagi jika usaha yang Anda beli sudah memiliki pelanggan tetap, produknya dominan di pasar, dan berjalan dengan baik dan menguntungkan. Baca selanjutnya . . .

Membeli Waralaba

Memilih waralaba sebagai cara kita memulai bisnis sering dianggap lebih mudah daripada memulai usaha yang sama sekali baru. Tapi benarkah waralaba mampu membuat kita menjadi pebisnis handal? Waralaba seperti apakah yang akan membawa kita pada kesuksesan ? Baca selanjutnya . . .

Pajak

Pajak berfungsi sebagai sumber dana pemerintah dalam membiayai pengeluaran-pengeluarannya, dan merupakan alat mengatur dan melaksanakan kebijaksanaan pemerintah dalam bidang sosial ekonomi. Baca selanjutnya . . .