Waralaba

Waralaba atau Franchising (dari bahasa Prancis untuk kejujuran atau kebebasan) adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.

Menurut versi pemerintah Indonesia, waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.

Asosiasi Franchise Indonesia, mendefinisikan waralaba sebagai suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor –pewaralaba) memberikan hak kepada individu (franchisee – terwaralaba) atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Waralaba adalah salah satu cara yang kini cukup populer untuk mengembangkan usaha Anda. Lewat sistem waralaba produk dan jasa Anda melebar melalui jaringan individu-individu yang tertarik menjalankan usaha Anda tanpa Anda harus terlibat di dalamnya.

Sebagai pemilik waralaba pendapatan Anda berasal dari royalti secara berkala yang disepakati di awal perjanjian. Dengan membayar royalti kepada Anda maka terwaralaba berhak menjalankan usaha yang serupa,  menggunakan merek dagang yang sama serta menerapkan sistem manajemen yang sama.

Mewaralaba Usaha Anda

Jika Anda memiliki rencana untuk mewaralaba produk/jasa Anda maka hal-hal yang harus diperhatikan adalah:

  • Apakah produk/jasa/usaha Anda layak untuk diwaralabakan. Hal ini meliputi konsep usaha, tingkat popularitas produk/usaha yang akan diwaralabakan, pengalaman, serta nilai royalti dan nilai waralaba yang akan dikenakan.
  • Apakah sistem manajemen yang ada sudah cukup atau perlu disesuaikan agar lebih mudah diterapkan oleh pembeli waralaba.
  • Apakah Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk melayani kebutuhan para pembeli waralaba dari segi konsultasi, pemutakhiran perangkat lunak, perlengkapan perangkat keras dan hal-hal lain yang mungkin timbul selama jangka waktu waralaba.
  • Berkonsultasilah dengan konsultan waralaba di Indonesia agar persiapan Anda lebih matang.