Inovasi

Menjadi inovatif berarti berani mengambil resiko, berpikir positif, imajinatif dengan mengabaikan setiap sikap negatif, kritik dan ketakutan akan perubahan.

Inovasi dalam dunia usaha berkaitan erat dengan upaya pengusaha untuk menciptakan hasil yang lebih baik atau positif lewat produk baru, pelayanan baru, perubahan proses operasional dan manajerial, perubahan organisasi bahkan perubahan di segmen pasar.

Inovasi artinya membuat perubahan yang membawa efisiensi, keuntungan dan kesinambungan usaha. Sebuah inovasi tidak selamanya menciptakan sesuatu yang baru atau revolusioner. Daya saing dan ketahanan suatu perusahaan sangat tergantung pada kemampuan Anda sebegai pemilik untuk senantiasa inovatif di segala bidang.

Semangat inovatif dapat ditumbuhkan sebagai bagian dari budaya perusahaan dengan:

  1. menganjurkan karyawan untuk senantiasa berpikir kreatif dan menyediakan imbalan bagi karyawan yang mampu memberikan kontribusi yang postif kepada perusahaan lewat ide-ide kreatifnya,
  2. menganggarkan dana dan sumber daya manusia khusus untuk proses inovasi,
  3. memperhatikan setiap masukan dan timbal balik yang datang dari konsumen sebagai bahan pertimbangan untuk menciptakan inovasi baru,
  4. senantiasa belajar dari lingkungan dan saingan.

Jika inovasi Anda berkaitan dengan kekayaan intelektual, jangan lupa ungtuk melindunginya secara hukum dengan mendaftarkan inovasi tersebut.