Regenerasi

Anda tentu menyadari yang menjadi motor penggerak keberhasilan usaha Anda adalah Anda sendiri. Bagaimana nasib usaha Anda jika Anda harus mundur dari perusahaan atau pensiun? Jangan khawatir, banyak perusahaan ynag tetap berkibar dan justru makin berkembang setelah ditinggal pendirinya.

Regenerasi Kepemimpinan

Regenerasi atau penerusan kepemimpinan yang direncanakan dengan matang akan menjamin kelangsungan dan keberhasilan perusahaan Anda di masa depan. Artinya sejak dini Anda sudah harus merencanakan atau menentukan calaon-calon pengganti Anda.

Banyak pendiri perusahaan yang mengusahakan agar penerus tongkat kepemimpinan dipegang oleh keturunannya atau salah satu dari anggota keluarga. Jika Anda ingin melakukan hal yang sama pastikanlah calon pengganti Anda memiliki visi, semangat dan kecintaan yang sama terhadap bisnis Anda serta dapat dipercaya untuk meneruskannya ke tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Pertimbangkan juga dengan seksama dampak keputusan Anda terhadap anggota keluarga yang lain.

Sebaliknya ada yang menyerahkan tongkat kepemimpinan lanjutan kepada seorang profesional yang bukan anggota keluarga.

Apapun keputusan Anda, sebagai pendiri dan pemilik Anda harus selalu realistis dan menempatkan kelangsungan perusahaan sebagai prioritas utama. Berkonsultasilah juga dengan Konsultan hukum, keuangan dan akuntan Anda.

Rencana regenerasi harus dijadwalkan dengan seksama agar peralihan kepemimpinan dapat berjalan mulus tanpa gejolak dan tanpa mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan.