Pertanyaan yang Harus Anda Tanyakan Ketika Mewawancara Calon Karyawan

Cara terbaik untuk mendapatkan jawaban yang Anda butuhkan adalah dengan menanyakan pertanyaan yang tepat. Beberapa tips dibawah ini dapat Anda jadikan pedoman. Sebelum Anda memulai dengan pertanyaan-pertanyaan yang serius, pastikan si pelamar merasa nyaman dalam proses wawancara dengan mengucapkan salam, berjabat tangand dan tersenyum agar Anda mendapatkan jawaban yang jujur.

Tentang Usaha Kecil Menengah

Sebagai pemilik UKM Anda tentu punya keinginan untuk bisa mengalahkan produk yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Salah satu cara untuk memikat konsumen adalah dengan memberikan pelayanan yang lebih baik. Tanyakan pada pelamar apa yang membedakan usaha skala besar dengan usaha skala kecil menengah? Apa yang dapat dilakukan usaha kecil menengah untuk bersaing dengan perusahaan besar? Mengapa dia melamar ke perusahaan kecil? Apa yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk Anda dibanding produk pesaing dari perusahaan yang lebih besar?

Tentang pekerjaan yang dilamar

Tanyakan seberapa jauh pelamar mengetahui jenis pekerjaan yang akan dilamar. Jika sudah pernah mengerjakannya, minta dia menceritakan pengalamannya. Berikan dia beberapa contoh kasus dan amati bagaimana dia mengatasinya dari jawaban-jawaban yang diberikan. Kemudian ceritakan mengenai apa yang Anda butuhkan untuk perusahaan.

Tentang diri pelamar

Minta pelamar untuk menceritakan secara verbal tentang dirinya sendiri dan tanyakan kembali hal0hal yang diceritakan sebelumnya untuk menguji kebenaran dan konsistensi cerita tersebut. Tanyakan apa yang diharapkan dari perusahaan Anda, tujuan hidupnya, tujuan karirnya.

Tanyalah sebanyak banyak sampai Anda merasa puas. Gunakan intuisi Anda dan buatlah beberapa catatan. Catatan-catatan ini akan membantu Anda dalam mengambil keputusan untuk memilih orang yang tepat dari beberapa pelamar yang Anda wawancara.