Motivasi Yang Dibutuhkan oleh Usahawan UKM

(Tinjauan dari segi Human Motivation Theory)

Teori Motivasi

Apa sih motivasi itu? Ada banyak teori motivasi, dari mulai Maslow, McDougall, Freud, dan sebagainya. Yang hendak saya bahas di sini adalah teori motivasi dari David McClelland (1917-1993). Apa sih motivasi itu menurut beliau? Motivasi adalah keinginan atau kebutuhan dasar kita yang kemudian mendorong perilaku kita (Bahasa Inggris gampangnya: the reason why we do what we do).

Setiap orang mempunyai 3 motivasi, yaitu needs for Achievement, Affiliation dan Power. Namun umumnya seseorang mempunyai salah satu motivasi yang dominan. Needs for Achievement adalah keinginan untuk berprestasi, Affiliation adalah keinginan untuk membina hubungan yang baik dengan orang lain, dan Power adalah keinginan untuk memimpin atau memberi pengaruh terhadap orang lain.

Motivasi yang dibutuhkan oleh Wirausahawan Kecil dan Menengah

Dari studi yang dilakukan oleh McClelland selama puluhan tahun, orang-orang yang berhasil dalam bisnis umumnya adalah mereka yang mempunyai needs for Achievement yang tinggi. Ini dikarenakan mereka adalah orang-orang yang:

  1. berani mengambil resiko yang terkalkulasi,
  2. mempunyai tanggung jawab pribadi terhadap kinerja mereka sendiri,
  3. dan memberi perhatian yang besar terhadap umpan balik dalam kaitannya dengan biaya dan keuntungan (cost and benefit).

Semua ciri tersebut konsisten ditemukan di berbagai masyarakat, apakah di masyarakat Barat maupun non-Barat.

Berbeda dengan wirausahawan, seorang manajer yang baik adalah orang yang memiliki needs for Power yang kuat, karena tidak seperti wirausahawan (kecil dan menengah) yang harus mengelola kinerjanya sendiri, seorang manajer harus mengelola kinerja orang lain.

Seorang wirausahawan:

  1. harus mengambil keputusan mengenai prospek yang harus ditindaklanjuti,
  2. mengambil resiko yang terkalkulasi,
  3. mengambil tanggung jawab untuk melakukan telepon kepada calon klien,
  4. memonitor baik keberhasilan maupun kegagalan dalam melakukan penjualan,
  5. dan menemukan cara yang inovatif untuk membujuk orang agar membeli produk atau jasanya.

Semua ini membutuhkan motivasi Achievement yang kuat.

Sedangkan seorang manajer umumnya menghabiskan waktunya untuk mempengaruhi orang lain dan tidak melakukan semua usaha tersebut sendiri.

Perubahan Motivasi

Ketika baru memulai suatu usaha sampai dengan perusahaan masih berskala kecil, wirausaha yang berhasil adalah mereka yang memiliki needs for Achievement yang kuat. Namun begitu perusahaan menjadi besar, yang diperlukan oleh pucuk pimpinan adalah “leadership” yang baik yang dapat memberikan pengaruh pada para bawahan untuk berprestasi, dan karenanya yang diperlukan adalah mereka yang mempunyai motivasi Power yang kuat.