Memimpin dan Mengelola, Apa Bedanya?

Manajemen versus Kepemimpinan

Manajer sering dianggap seseorang yang hanya berurusan dengan anggaran, pengelolaan dan pengawasan. Sementara seorang pemimpin adalah sosok yang bicara di depan yang membawa perubahan. Keadaan ini membuat nilai manajer lebih rendah dari seorang pemimpin padahal seorang pemimpin belum tentu mampu menjadi manajer yang baik. Sebaliknya banyak manajer yang sangat baik, yang membuat banyak perusahaan berjalan mulus ke tangga keberhasilan namun tidak pernah dikenal. Tapi seorang manajer yang baik sekali punbelum tentu memiliki kualitas untuk menjadi seorang pemimpin.

Dalam lingkungan usaha kecil menengah (UKM) seorang manajer umumnya adalah pemilik usaha dan pemilik usaha harus mampu memimpin perusahaan sekaligus mengelolanya. Tidak semua orang mampu menjadi keduanya, namun sebagai pemilik usaha Anda harus mampu menjadi keduanya.

Manajer yang efektif adalah seseorang yang mampu mengelola aktivitas operasional perusahaan sehari-hari. Kemampuan manajemen mendasar sangat penting bagi pemilik sebuah usaha karena yang bersangkutan harus mampu menyelesaikan apa yang harus diselesaikan. (getting things done)

Pemimpin yang efektif dibutuhkan oleh suatu perusahaan untuk mengarahkan perusahaan mencapai tujuan yang diinginkan. Seorang pemimpin harus mampu melihat ke depan, ke arah mana dia harus membawa perusahaan dan memimpin karyawannya agar mengikuti arahannya.

Sosok yang paling efektif adalah sosok yang mampu menjadi manajer sekaligus pemimpin.

Komunikasi

Komunikasi adalah kunci kepemimpinan yang baik. Pemimpin yang bagus mampu menjangkau massa dengan pembicaraan yang rasional, menyentuh emosi, dan masuk akal. Bagaimana caranya?

Kesederhanaan

Sederhana dalam memilih kata-kata sehingga mudah dimengerti, sederhana dalam merumuskan persoalan atau konsep yang rumit sehingga terasa mudah untuk dipecahkan dan dilaksanakan.

Kenali Target Anda

Jika target Anda karyawan maka bicaralah dengan bahasa mereka. Jika target komunikasi Anda adalah konsumen Anda, pelajarilah segi demografisnya, gaya hidupnya, keinginannya, usulannya. Untuk mampu berkomunikasi Anda juga harus mampu mendengar karena pemimpin yang baik tidak hanya piawai menyampaikan informasi tapi juga piawai menerima informasi.

Mengarahkan Perubahan

Dalam dunia usaha perubahan terjadi setiap saat. Mulai dari teknologi, proses produksi, tren pasar hingga keadaan ekonomi. Seorang pemimpin harus mampu membawa karyawannya ke arah perubahan tanpa gejolak. Membuat setiap orang mengerti mengapa terjadi perubahan, mengapa harus berubah dan ke arah mana perubahan itu akan membawa perusahaan.

ry-meta -->