Memasarkan Produk Anda Lewat Media Sosial

Sebelum Anda menentukan untuk menggunakan media sosial sebagai sarana kegiatan pemasaran Anda, Anda harus memahami perbedaan fungsi tiap jejaring sosial yang kini bertebaran.

Media sosial mampu mendukung kegiatan pemasaran sebuah perusahaan atau organisasi dengan tiga cara:

Sarana Komunikasi

Pemasaran intinya adalah membangun hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Sebuah hubungan baik akan tercipta melalui komunikasi. Perangkat-perangkat blog seperti Twitter, jejaring sosial seperti Facebook, distribusi video lewat Youtube, berbagi foto lewat Flickr, dapat dimanfaatkan UKM untuk berkomunikasi dan menyebar informasi dengan konsumen dan calon konsumen mereka.

Konten yang dimuat di situs jejarig sosial kini tidak lagi kaku dan resmi. Bentuknya tidak lagi tulisan semata tapi juga audio, gambar dan video. Secara alami jalur komunikasi seperti ini dapat membangun kepercayaan, menimbulkan simpati dan menjadi ajang saling mengenal antara perusahaan dan konsumen.

Kolaborasi

Dulu, konsumen hanya menerima informasi searah dari produsen tentang produk/jasa yang mereka tawarkan. Lewat media sosial seperti Facebook dan Twitter kini konsumen dapat menyuarakan ketidak puasannya, mengusulkan ide, memberikan komentar  atau pendapatnya dengan bebas. Konsumen yang menyukai produk tertentu secara alami terkelompok menjadi satu komunitas yang kuat. Kolaborasi konsumen inilah yang menentukan tren, membentuk pola pembelian, atau sebaliknya mematahkan produk di pasar jika mereka tidak puas. Perusahaan mautidak mau harus mendengarkan apa kata konsumen.

Hiburan

Yang juga membuat media sosial menarik dan disukai masyarakat adalah karena sifatnya yang menghibur. Orang lebih suka membaca status di Facebook daripada membaca iklan. Berdasarkan data Inside Facebook, per 1 Januari 2010 ada sebesar 15.301.280 pengguna Facebook di Indonesia. Persentase kenaikan jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai dua kali lipat Amerika Serikat. Dan bagi pemilik UKM, di media sosial lah sebagian besar sasaran pasar mereka bercokol.

Dalam memanfaatkan jejaring sosial, yang harus diperhatikan adalah bagaimana Anda menyajikan informasi yang dianggap menarik dan bermanfaat bagi konsumen. Media sosial bukan sarana menjual tapi sarana  berbagi informasi. Jika perusahaan Anda memiliki citra yang positif dalam hal penyebaran informasi maka dengan sendirinya masyarakat akan melirik produk Anda.

ry-meta -->